“Learning math is not just learning the numbers, but the learning of mathematics is how we learn to think more systematically and logically"

Google Search

Custom Search

Kamis, 28 April 2016

REFLEKSI Ulangan Harian: Garis & Sudut

REFLEKSI Ulangan Harian: Garis & Sudut
kirim via e-mail ke: wawan@smp.kanisius.edu

untuk yang remedial refleksi tertulis diserahkan langsung ke bapak (WAJIB: tanda tangan orang tua)

Panduan Refleksi Hasil Ulangan Harian Matematika
Download panduan refleksihttps://app.box.com/s/zejsywiyebi4qibsp59nstw5ywiamqqj

Panduan Refleksi Hasil Ulangan Harian Matematika                           Tanggal; _____________

Nama               : ____________________________________
Kelas/ no         : ____________________________________
Materi  Ulangan: ____________________________________

Perolehan nilai ulangan harianku kali ini adalah ....................
Nomor-nomor soal yang salah kukerjakan pada soal no 1 s.d 20 adalah nomor soal:
No
Aku kerjakan
Seharusnya
1
2
3
4
5
6
hal-hal yang membuat aku masih mengalami kesalahan pengerjaan pada pekerjaan nomor-nomor tersebut karena: ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Secara keseluruhan, hal-hal yang harus kuperhatikan berkaitan dengan pencapaian hasil belajar di Ulangan pertama  ini adalah: ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Niatan konkret yang ingin kulakukan dan kuwujudkan untuk menghadapai ulangan harian umum/ UAS adalah: ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

                                                                                                                  Jakarta, ..........................2015

                Ttd Orang Tua                                                                                            Ttd siswa                                                                                                                                                            

             (nama ortu)                                                                                                           (nama siswa)

Rabu, 23 Maret 2016

Evaluasi & Refleksi MAT3

EVALUASI PELAJARAN
MATEMATIKA

  1. Hambatan apa saja yang kurasakan dalam mempelajari materi matematika sampai saat ini?
  2. Dalam hal pengajaran di kelas:
    • Berkaitan dengan materi; materi apa saja yang sulit kupelajari? kenapa?
    • Berkaitan dengan pengajaran di kelas; berikan masukan/ kritikan atas proses pengajaran di kelas.
    • Berkaitan dengan ulangan; bagaiman kualitas soal ulangan yang ada? adakah masukan/ kritik atas soal-soal ulangan/ UTS tsb?
kirim ke email bapak: wawan@smp.kanisius.edu
Subjek: nama(kelas/nomor) 
Contoh: Dito (7-1/4)

Jumat, 29 Januari 2016

Panduan Refleksi Hasil Ulangan Harian Matematika

Download panduan refleksihttps://app.box.com/s/zejsywiyebi4qibsp59nstw5ywiamqqj

Panduan Refleksi Hasil Ulangan Harian Matematika                           Tanggal; _____________

Nama               : ____________________________________
Kelas/ no         : ____________________________________
Materi  Ulangan: ____________________________________

Perolehan nilai ulangan harianku kali ini adalah ....................
Nomor-nomor soal yang salah kukerjakan pada soal no 1 s.d 20 adalah nomor soal:
No
Aku kerjakan
Seharusnya
1
2
3
4
5
6
hal-hal yang membuat aku masih mengalami kesalahan pengerjaan pada pekerjaan nomor-nomor tersebut karena: ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Secara keseluruhan, hal-hal yang harus kuperhatikan berkaitan dengan pencapaian hasil belajar di Ulangan pertama  ini adalah: ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Niatan konkret yang ingin kulakukan dan kuwujudkan untuk menghadapai ulangan harian umum/ UAS adalah: ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

                                                                                                                  Jakarta, ..........................2015

                Ttd Orang Tua                                                                                            Ttd siswa                                                                                                                                                            

             (nama ortu)                                                                                                           (nama siswa)


*) Refleksi diketik dengan format font 12 times new roman, dengan margin Narrow.

    Lampirkan foto copy hasil ulanganmu.

Sabtu, 05 Desember 2015

Soal Latihan UAS SMT 1 Kelas 7







Soal Latihan UAS Matematika Kelas 7

Untuk download, silahkan klik link di atas.


1.      Hasil dari – 4 + 8 – (-5) adalah
a.       -17     
b.      -7        
c.       -1        
d.      9

2.      Nilai n yang memenuhi 12 + ( -2n ) = 8 adalah …….
a.       -10     
b.      -2        
c.       2         
d.      10

3.      Pada sistem bilangan bulat, sifat tertutup berlaku pada operasi berikut, kecuali ........
a.       Penjumlahan
b.      Pengurangan
c.       Perkalian       
d.      Pembagian

4.      Pada kalimat berikut ini manakah yang merupakan kalimat yang benar?
a.       23 adalah kelipatan dari 3.
b.      Bilangan prima terkecil adalah bilangan genap.
c.       7 adalah factor dari 37.
d.     

5.      Untuk a = 18, b = -6, dan c = -3, nilai  = .........
a.       36       
b.      12       
c.       -12     
d.      -36

6.      Nilai dari: -3 + 7 + [(-1) x 3] + 7 - 10 adalah ....
a.       -12     
b.      - 2       
c.       2         
d.      12

7.      Hasil dari operasi: -3 + [7 + (-1 x 3)] + 7 - 20 adalah ....
a.       -12                 
b.      12       
c.       10       
d.      21

8.      Himpunan penyelesaian dari 2x - 5 = 7 adalah ....
a.       {2}                  
b.      { 12}   
c.       {6}      
d.      {24}

9.      Diketahui 4x + 2 = x - 4, maka nilai x adalah . .
a.       32                   
b.      8         
c.       12       
d.      -2

10. Jumlah umur ayah, ibu, dan anaknya adalah 123 tahun. Umur ayah dua kali umur anaknya. Jika umur ibu 48 tahun maka umur anak itu adalah ....
a.       23 tahun                    
b.      25 tahun        
c.       24 tahun        
d.      26 tahun

11. Faktor prima dari 725 adalah ....
a.       2, 5 dan 13                
b.      5 dan 13          
c.       2 dan 13        
d.              5 dan 29

12. Diketahui perbandingan dua bilangan adalah 3 : 4. Jika jumlah kedua bilangan itu sama dengan 28, maka bilangan terkecilnya sama dengan ... .
a.       10                   
b.      14       
c.       12       
d.      16

13. Bilangan bulat yang memenuhi x2 = 16 adalah ... .
a.       hanya -4        
b.      hanya 4         
c.       -4 atau 4                  
d.    hanya 8

14. Diberikan x = -2, maka nilai dari 2 – x3 adalah ......
a.       12                   
b.      10       
c.       -10                 
d.      -12

15.             
a.       168
b.      164
c.       162
d.      160

16. Tito mempunyai sebuah bilangan cacah. Jika bilangan cacah itu dikali dua kemudian dikurang 5 menghasilkan bilangan itu sendiri. Bilangan tersebut adalah . . . .
a.       2         
b.      3                     
c.       5                        
d.      7

17. Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari 12, 18, 30 adalah . . .
a.       5         
b.      6                     
c.                12          
d.              30

18. Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari 6, 18, 24 adalah . . . .
a.       6                     
b.      24       
c.       72                   
d.      432

19. Jika H adalah suatu bilangan bulat yang habis dibagi 2 dan 5, maka nilai H adalah
a.       25       
b.      20       
c.       5                     
d.      2

20. Bilangan bulat terkecil yang habis dibagi 6, 9, atau 24 adalah . . . .
a.       1296  
b.      72       
c.       24       
d.      6         

21. K = 2( p + l ) merupakan rumus keliling persegi panjang. Jika p = 5 dan  = 2 maka nilai K adalah . . . .
a.       6                     
b.      12       
c.       14                   
d.      20

22.              Diberikan nilai x = -2 dan y = -l. Nilai dari 3x - y = .
a.       -9        
b.      -6        
c.       -5                      
d.      5

23. Suatu benda memiliki suhu -25°C, kemudian dinaikkan menjadi 30°C. Kenaikan suhu yang terjadi adalah ....
a.       550C   
b.      300C   
c.       250C               
d.      d.50C

24. Sebuah Sekolah mempunyai 256 siswa. Jika lima per delapan siswa itu adalah siswa perempuan maka banyak siswa laki-laki di sekolah itu adalah . . . .
a.       160 orang     
b.    100 orang    
c.       96 orang                   
d.      32 orang

25.             Pecahan-pecahan berikut senilai dengan , kecuali ……
a.             
b.           
c.            
d.     
26. Pecahan berikut yang nilainya diantara  dan  adalah .....
a.              
b.             
c.              
d.     

27. Pecahan ,, dan  disusun dalam urutan naik adalah ........
a.       , ,         
b.      ,,          
c.       ,,          
d.     

28. Hasil dari  adalah....
a.            
b.            
c.              
d.     

29. Bentuk sederhana dari adalah .....
a.       -8ab + 12 a2b – 20ab2
b.      -8ab + 12 a2b – 20a2b2
c.       -8ab – 12 a2b + 20ab2          
d.      -8ab – 12 a2b + 20a2b2

30. Bentuk paling sederhana dari 6a – 3b + a + 4b adalah .........
a.       6a + b            
b.      6a – 7b          
c.       7a + b            
d.      7a – 7b

31. Bentuk paling sederhana dari 4( 2x – 5y ) – 5 ( x + 3y ) adalah.....
a.       3x – 2y           
b.      3x – 5y           
c.       3x – 17y        
d.      3x – 35y

32. KPK dari 6ab2 dan 15a2bc adalah ........
a.       3ab     
b.      3a2b2c
c.       30ab  
d.      30a2b2c

33. FPB dari ab2c3 dan b3c2d adalah .......
a.       b2c2    
b.      b3c3    
c.       ab2c2d
d.      ab3c3d

34.                Hasil dari -2a(a + 3b) adalah ....
a.    2a2 + 6ab             
b.    -2a2 - 6ab    
c.    2a2 - 6ab    
d.    -2a2 + 6ab

35. Hasil pengurangan 4i - 3j + 2k dari 6i - 3J - 4k  adalah ....
a.       -2i + 6k                
b.      2i - 6k           
c.       -2i + 6j + 6k           
d.      2i - 6j - 6k

36. Hasil dari (3c - a)(3c + a) adalah .....
a.    9c2 + a2                     
b.    9c2 - 6ac - a2        
c.    9c2 - a2       
d.    9c2 - 6ac + a2


37. FPB dan KPK dari p3 q4r6 dan p6q2r4 adalah ……..
a.    p2q3 r6 dan p3qr3                
b.    p3q2r4 dan  p6q4r6  
c.       b.p3q2r4 dan p6q4r4             
d.      P2q3r4 dan  p6q4r6

38. Jika harga beli barang Rp.2.600.000,- dan harga jual Rp.3.300.000,- maka keuntungnnya adalah ....
a.       Rp.800.000,00          
b.      Rp.700.000,00          
c.       Rp.600.000,00          
d.      Rp.500.000,00

39. Suatu barang dibeli dengan harga Rp2.400.000, kemudian dijual laku Rp1.935.000. Kerugian yang diderita sebesar .....
a.       Rp795.000,00           
b.      Rp685.000,00         
c.       Rp275.000,00           
d.      Rp465.000,00

40. Harga beli 20 apel Rp40.000, dijual dengan laba 10%.  Harga jual sebuah apel adalah……
a.       Rp2.400,00   
b.      Rp2.300,00   
c.       Rp2.200,00   
d.      Rp2.100,00

41. Sebuah sepatu seharga Rp180.000 dijual dengan diskon 15%. Harga sepatu setelah didiskon adalah ....
a.       Rp175.000,00           
b.      Rp 163.000,00          
c.       Rp153.000,00           
d.      Rp135.000,00

42. Tiga lusin piring dibeli dengan harga Rp198.000. Apabila piring tersebut dijual Rp6.000 tiap buah maka pedagang itu akan .....
a.       rugi Rp18.000,00     
b.      laba Rp 18.000,00    
c.       rugi Rp28.000,00     
d.      laba Rp28.000,00